RSS

Penyebab Prasangka Sosial

07 Mar

Terjadinya prasangka sosial dapat juga disebut pertumbuhan prasangka sosial dengan tidak sadar dan yang berdasarkan kekurangan pengetahuan dan pengertian akan fakta-fakta kehidupan yang sebenarnya dari golongan orang yang di kenai prasangka itu.

Faktor utama pembentuk prasangka adalah sosialisasi

Orang berprasangka dalam rangka mencari kambing hitam
Orang berprasangka karena memang ia sudah dipersiapkan di dalam lingkungannya.
Prasangka timbul karna adanya perbedaan yg menimbulkan perasaan superior.
Prasangka timbul karna karena kesan yg menyakitkan / pengalaman yg tidak menyenangkan
Prasangka timbul karna adanya anggapan yang sudah jadi pendapat umum
suatu  faktor lainya yang lebih sadar dan yang dapat mempertahankan serta memupuk prasangka sosial dengan gigih adalah faktor kepentingan perseorangan atau golongan tertentu yang akan memperoleh keuntungan rezeki nya apabila mereka memupuk prasangka sosial itu seperti yang di uraikan oleh Prof. A.M. Rose (14) dalam brosur Unesco, The Roots of Prejudice, 1951.

Perkembangan prasangka sosial dapat di sebabkan oleh faktor-faktor ekstern pribadi orang, tetapi terdapat pula beberapa faktor intern dari pribadi orang yang mempermudah terbentuknya prasangka sosial padanya. Menurut beberapa penelitian psikologi, terdapat beberapa ciri pribadi orang yang mempermudah bertahanya prasangka sosial padanya, antara lain pada orang lain yang berciri tidak toleransi, kurang mengenal akan dirinya sendiri , kurang berdaya cipta, tidak merasa aman, memupuk khayalan-khayalan yang agresif dll.

Prasangka sosial dapat menjelma kedalam tindakan-tindakan diskriminatif dan agresi terhadap golongan yang di prasangkai.
Upaya mengurangi prasangka sosial
  • Dimulai pada pendidikan anak anak di rumah dan di sekolah oleh orang tua dan gurunya
  • Di hindarkan pengajaran pengajaran yang dapat menimbulkan prasangka sosial tersebut dan ajaran ajaran yang sudah berprasangka sosial.
  • Interaksi antargolongan yang cukup intensifmampu sekali melenyapkan stereotip dan prasangka sosial antargolongan itu
 
Leave a comment

Posted by on March 7, 2012 in Psikologi Sosial

 

Tags: , , ,

Leave a comment